gbr


gbr
gbr
Bupati Langkat
H Ngogesa Sitepu SH
Wakil Bupati Langkat
Drs H Sulistianto Msi

PHOTO MINGGU INI
gbr
PAK TENGKU ERRY-NGOGESA [ PATEN ] : Bupati Langkat Ngogesa Sitepu menegaskan tetap mendukung HT Erry Nuradi (Tengku Erry) menjabat Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) selama kepemimpinannya berpihak kepada rakyat, pembangunan untuk kesejahteraan rakyat Sumatera Utara terus dipacu..................dstnya.........

gbr

DOA YANG DIPERKENANKAN

KISAH TIGA ORANG HAMBA YANG SHALEH

UJIAN HIDUP SELALU ADA

HIKMAH PUASA

PERTOLONGAN ALLAH

SEBUAH KESAKSIAN

gbr
gbr

17/08/2017. 16.47.00 WIB
Antusias Masyarakat Langkat Saksikan Ragam Kegiatan HUT RI ke-72

13/08/2017. 21.33.00 WIB
PERISITIWA BERSEJARAH BRANDAN BUMI HANGUS MEMBEKAS BAGI MASYARAKAT LANGKAT

08/08/2017. 08.30.22 WIB
Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH Apresiasi Bantuan CSR Bank Sumut

07/08/2017. 16.37.00 WIB
NGOGESA BERSAMA MASYARAKAT SYUKURAN ADIPURA

06/08/2017. 19.53.00 WIB
NGOGESA ANTAR CALHAJ LANGKAT HINGGA KE BANDARA KNIA

31/07/2017 16.44.00 WIB
DESA BANYUMAS STABAT, RAIH PRESTASI TOGA TERBAIK TINGKAT SUMUT

27/07/2017. 21.15.00 WIB
NGOGESA CANANGKAN BULAN BAKTI GOTONG ROYONG

gbr

Anda Pengunjung ke :

169122

gbr



gbr 1 1 1 1 1

DAKWAH

gbrM. Fachri

 

 

 

HIKMAH PUASA

Allah berfirman di QS Al Baqarah [2]:83, Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.

Setiap ibadah dalam islam memiliki tujuan dalam pelaksanaannya. Taqwa adalah ...tujuan seorang hamba dalam berpuasa. Taqwa adalah sebuah gelar atau predikat yang dapat diraih oleh seseorang yang melaksanakan ibadah puasanya dengan baik. Ibarat gelar sarjana S-2 yang hanya dapat diraih dengan segala pengorbanan dan ketekunan, puasa juga bernuansa seperti itu.

Seorang teman bertanya, Apa tanda-tanda seseorang telah meraih ketaqwaan dari puasa yang telah ia tunaikan?

Hamba itu menjawab: Tanda-tandanya adalah dengan sifat-sifat keshalihan akan terpancar pada prilaku nya sehari-hari.

Ibarat seseorang yang meraih gelar S-2 akan memancarkan sifat-sifat intelektual pada dirinya. Ia akan lebih banyak menimbang sebelum memutuskan dan selalu mengedepankan sikap rasionalitas daripada emosionalitas. Demikian juga ia akan tampil sebagai seorang yang memiliki ketrampilan sesuai dengan disiplin ilmu yang ia geluti selama masa kuliah yang akan ia pergunakan demi kemashlahatan dirinya sendiri dan orang banyak. Inilah bentuk ideal dari sebuah gelar S-2. Demikian juga dengan ketaqwaan sebagai sebuah gelar yang dapat diraih dengan berpuasa. Puasa adalah proses untuk mendapatkannya. Sifat santun dan sabar serta ingin selalu berbagi adalah beberapa sifat keshalihan yang seharusnya ada pada diri seorang hamba dengan predikat taqwa.

Allah Azza wa Jalla, menerangkan sifat-sifat keshalihan itu pada QS Al Furqan [25]:63-77. Inti dari sifat keshalihan itu adalah ia mencintai Allah, Rabb-nya dan selalu menyebarkan kedamaian dalam hidupnya di dunia ini.

Bisakah seseorang meraih gelar taqwa tanpa ada sifat kesalihan dalam dirinya? Tanya teman itu lagi.

Rasulullah Saw bersabda, Berapa banyak orang yang berpuasa, tapi tidak ada yang didapatnya kecuali rasa lapar dan haus (HR Ahmad)

Dari apa yang Nabi sampaikan pada hadish diatas, amatlah sangat sulit untuk mengatakan seseorang mendapat gelar ketaqwaan jika sikap dan sifatnya sebelum memasuki bulan suci ramadhan dan setelah ramadhan adalah sama. Ia tak tampak memancarkan sifat-sifat keshalihan setelah melalui Ramadhan. Hal ini juga terjadi pada ritual ibadah haji. Begitu banyak orang yang pergi berhaji tapi apakah ia akan mendapatkan gelar haji yang mabrur?
Hal ini hanya bisa dilihat sejauh mana sifat-sifat keshalihan melekat pada dirinya sepulangnya ia menunaikan ibadah haji.


Dalam kesempatan lain seorang teman bertanya, Kenapa Allah mewajibkan puasa pada bulan Ramadhan yaitu bulan ke-9 dari kalender Hijriyah dan bukan pada bulan ke-12 yang merupakan penutup tahun untuk menghapus dosa-dosa kita?

Hamba itu menjawab, Allah Maha Berkehendak atas apa yang ingin Dia lakukan

Allah berfirman, Sesungguhnya bilangan bulan disisi Allah adalah dua belas bulan… (QS At Taubah [9]:36)

Jika kita mencoba mengerti makna angka-angka dalam bahasa arab, angka 9 adalah angka yang tertinggi. Sedangkan yang terendah adalah 1. Sedangkan angka 0 (nol) yang dalam sejarah tercatat ditemukan oleh Al Khawarizmi, seorang ilmuan muslim abad pertengahan adalah bermakna ketiadaan. Angka 9 sering disebut sebagai angka yang tertinggi dan memiliki kesempurnaan. Sedangkan angka 10 dan seterusnya adalah gabungan dari angka-angka sebelumnya. Simbol ini pula yang bisa jadi merupakan sebuah hikmah kenapa bulan Ramadhan hadir pada bulan ke-9.

Manusia dalam perjalanan hidupnya akan mencapai sebuah kondisi yang merupakan puncak dari segala aktivitas dan keberadaannya. Puncak itu bisa ditandai dengan pencapaian amal shaleh yang ia lakukan ataupun kesalahan atau kekhilafan yang tanpa sadar telah ia perbuat. Ketika ia berada di puncak (disimbolkan dengan angka 9), sudah seharusnya ia melakukan muhasabah (kontemplasi) untuk kembali ke fitrah (disimbolkan dengan angka 1). Ia membutuhkan waktu untuk kembali mengisi hari-harinya dengan ibadah baik disiang hari (dengan berpuasa) dan di malam hari (dengan shalat malam/tarrawih dan membaca Al Quran) selama sebulan penuh agar dirinya dapat kembali ke fitrah (kesucian dari segala dosa dan kesalahan). Demikian juga dengan ibadah haji yang puncaknya terjadi pada peristiwa wukuf selalu dilaksanakan pada tanggal 9 Zulhijjah, hal ini merupakan simbol kesempurnaan seorang hamba dalam mencapai ridha-Nya.

Seorang ulama pernah menyampaikan pendapat pribadinya kenapa seorang ibu yang mangandung harus melewati masa sembilan bulan? Karena selama sembilan bulan itulah tercapai kondisi dimana manusia itu siap untuk dilahirkan (sempurna) ke muka bumi ini dan hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS At Tiin [95]:4, Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.


Waalahu a’lam bissawab

M. Fachri


Share |
 

 

 
gbr


gbr
gbr
www.LANGKATonline.com
PWI Perwakilan Kabupaten Langkat
Email: pwilangkat@gmail.com
gbr
gbr

Kiat Menulis yang baik dan benar untuk remaja pelajar. Kirimkan tulisan dan photo anda untuk dimuat di kolom ini

[cek disini]

gbr

gbr

gbr

gbr

gbr

gbrgbrgbrgbrgbr

a a a a
Hak cipta dilindungi undang-undang 2010 - 2017
www.LANGKATonline.com